Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Tubuh

Kondisi di dalam tubuh setiap harinya mengalami perubahan yang diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari, seperti makanan yang dikonsumsi atau udara yang dihirup. Tidak selalu memberi hasil yang positif, tapi juga terkadang negatif bagi tubuh. Perubahan-perubahan negatif yang dialami oleh tubuh dapat ditangkal oleh antioksidan.

Antioksidan memberi sejumlah manfaat bagi kesehatan dan dapat mencegah berbagai penyakit dari kanker hingga Alzheimer. Penelitian membuktikan bahwa antioksidan juga efektif untuk menangkal penyakit yang berhubungan dengan umur.

Antioksidan sendiri terkandung dalam berbagai vitamin dan mineral seperti Vitamin A, C, dan E, serta betakaroten, likopen, dan selenium serta senyawa-senyawa dari berbagai sumber makanan seperti gandum utuh, sayur-sayuran serta buah-buahan yang memiliki warna cerah dan unik seperti tomat, bluberi ungu, jagung, serta wortel, sayuran hijau seperti bayam dan kale, beri-berian, ceri, anggur, teh hijau, jeruk, apel, dan pir.

Cara antioksidan melawat penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas maupun usia dengan cara menjaga agar tingkat radikal bebas tetap rendah dan menjaga kesehatan tetap baik. Radikal bebas dapat merusak sel DNA yang tidak bisa disembuhkan dan memicu berbagai penyakit. Semakin banyak radikal bebas, semakin banyak stres oksidatif yang terjadi pada tubuh Anda.

Kebiasaan-kebiasaan buruk dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh seperti merokok, minum alkohol, dan terlalu banyak terpapar matahari. Radikal bebas juga dapat muncul dari polusi udara, infeksi, dan paparan racun atau radiasi.

Kebutuhan tubuh akan antioksidan sangat penting seiring bertambahnya usia karena dapat membersihkan radikal bebas dari aliran darah. Antioksidan juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dengan mengurangi keripun dan menjaga tekstur kulit. Sebagian penyakit degeneratif dan terkait dengan umur yang dapat dilawan oleh radikal bebas antara lain adalah kanker, penyakit kardiovaskuler, penurunan kognisi, disfungsi imun, katarak, degenerasi makular, maupun Alzheimer.

Masing-masing antioksidan memiliki manfaat berbeda-beda pada berbagai bagian tubuh seperti betakaroten dalam wortel yang dapat menjaga kesehatan mata, likopen pada tomat untuk menyehatkan prostat, flavonoid pada teh, kakao, dan cokelat untuk jantung dan lain-lain.

Oleh sebab itu, berbagai sumber antioksidan dibutuhkan untuk berkontribusi maksimal terhadap kesehatan tubuh. Caranya adalah dengan menerapkan diet seimbang setiap harinya, misalnya lima porsi buah dan sayur per hari, serta enam hingga sebelas porsi gandum.

(Pic: http://www.restartescapes.com.au/)

 1 Comments

Bgaimna manfaat untk org yg berbadan tidak gemuk ?

LIQUO TVC

KONTAK KAMI

  Jl. Ciputat Raya No.89B,
Pondok Pinang, Jakarta Selatan 12310
Indonesia

 +62 221 7591 8861

 info@liquo.com