Dampak Buruk Bergadang Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Setelah seharian melakukan berbagai aktivitas, tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat pada malam harinya. Kebutuhan tubuh untuk beristirahat idealnya adalah 8 jam tidur setiap harinya, hal tersebut dapat membuat tubuh kembali pada kondisi yang optimal dan kembali segar untuk beraktivitas kembali pada keesokan hari. Bagi beberapa orang, kesibukan yang menghampiri hingga larut malam membuat pola tidur menjadi terganggu. Kebiasaan seperti ini sering kali disebut sebagai begadang. Kebiasaan begadang yang dilakukan secara terus menerus dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tubuh kita membutuhkan hormon yang hanya diproduksi pada malam hari seperti hormon kortek adrenal yang penting untuk menjaga sistem metabolisme tubuh. Dengam begitu, begadang dapat mengganggu tubuh dalam menghasilkan beberapa hormon tersebut dan berdampak buruk. Berikut ini merupakan dampak buruk begadang bagi tubuh yang perlu Anda ketahui:

 

1.         Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Tubuh yang dipaksa untuk tetap bekerja pada malam hari membuat tubuh menjadi lelah. Kondisi tubuh yang lelah dapat membuat daya tahan tubuh kita menjadi menurun dan lebih rentan terkena penyakit yang disebabkan oleh virus seperti demam, flu, dan sebagainya.

 

2.         Insomnia

Insomnia merupakan salah satu permasalahan psikologis yang berkaitan dengan kesulitan dalam melakukan tidur di malam hari. Seorang yang sering melakukan begadang akan mengalami hal ini karena jam tidur yang dimilikinya sudah tidak normal lagi. Saat sudah dalam kondisi insomnia yang menghawatirkan, seseorang membutuhkan obat tidur dengan zat penenang yang jika dikonsumsi dalam waktu yang lama kabiasaan tersebut juga dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

 

3.         Diabetes

Pola tidur yang kita lakukan setiap harinya dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah dan hormon yang dapat mengontrol nafsu makan. Saat tidur pada malam hari, kadar gula dalam tubuh kita menurun karena gula dalam tubuh digunakan untuk proses detoksifikasi di dalam hati. Begadang pada malam hari yang mengganggu pola tidur dapat menurunkan kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, sebuah hormon yang mengatur dalam proses metabolisme dan erat hubungannya dengan penyakit diabetes.

 

4.         Penyakit Jantung

Kegiatan begadang yang masih dianggap sepele bagi sebagian orang ini ternyata sangat berbahaya jika dilakukan secara terus menerus karena dapat memicu risiko terkena penyakit yang sangat mematikan seperti serangan jantung. Kurangnya tidur pada malam hari dapat menyebabkan paeradangan pada arteri yang kemudian terjadi penumpukan plak dan menyumbat pembuluh darah sebagai salah satu penyebab penyakit jantung yang berbahaya.

 

5.         Penyebab Kanker

Tubuh kita memproduksi sebuah hormon yang dapat mengatur irama atau sistem jam biologis untuk menentukan saat untuk tidur dan bangun. Hormon tersebut bernama melatonin dan hanya akan diproduksi sepanjang malam hari. Hormon ini juga sangat berperan dalam membantu tubuh untuk memerangi sel kanker pada saat malam hari. Kurang tidur akibat begadang dapat menurunkan jumlah produksi dan peran melatotin sebagai antioksidan dan antikanker sehingga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

 0 Comments

LIQUO TVC

KONTAK KAMI

  Jl. Ciputat Raya No.89B,
Pondok Pinang, Jakarta Selatan 12310
Indonesia

 +62 221 7591 8861

 info@liquo.com